News & BisnisVideos

Indra Kenz Resmi Jadi Tersangka, Aset Disita Polisi, Netizen : Kena Teguran Setelah Nantangin Tuhan !

Akhirnya Bareskrim Polri resmi menetapkan Influencer sekaligus afiliator Binomo yaitu Indra Kenz jadi tersangka atas kasus dugaan investasi bodong aplikasi Binomo. Pria yang diklaim sebagai Crazy rich asal Medan itu resmi ditahan Bareskrim pada hari Jumat lalu 25 Februari 2022.

Penetapan tersangka Indra Kenz, Bareskrim Polri menatakan bahwa  tersangka terkait dugaan investasi bodong aplikasi Binomo. Atas kasus yang menjeratnya ini, Indra Kesuma atau Indra Kenz, terancam hukuman 20 tahun penjara.

Tidak hanya itu bahkan aset milik Indra Kenz yang terkait kasus dugaan penipuan akan disita oleh polisi. Kabarnya aset Indra yang diamankan pihak polisi menyentuh angka miliaran.

“Penyidik akan melakukan tracing terhadap aset milik saudara IK yang terkait dengan transaksi yang dilakukan, yang ada hubungannya dengan perkara kasus ini,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada hari Jumat, 25 Februari 2022. 

Kini Indra Kenz Jadi Tersangka, Dulu Sering Pamer Barang Mewah

Setelah ramai menjadi perbincangan publik, sang afiliator Binomo, Indra Kenz atau Indra Kesuma terjerat  kasus dugaan penipuan berkedok trading binary option lewat sebuah aplikasi Binomo. Sekarang Indra Kenz jadi tersangka resmi Bareskrim Polri.

Seperti kita ketahui Indra Kenz dulunya pernah viral karena konten-kontennya yang dinilai ‘pamer harta’ dan dijuluki sebagai Crazy Rich Medan. Ia membeli barang mewah dan diposting melalui akun sosial media seperti Instgram, YouTube, dan TikToknya.

Jejak digital konten viral Indra Kenz yang sekarang malah jadi tersangka kasus dugaan penipuan Binomo dan rangkumannya silahkan disimak di bawah sini ya.

“Efek gak bisa tidur, jadi beli Tesla deh jam 3 pagi, belinya dari tokped(ini beneran ya serius). Ehh.. Sekarang beli Tesla 1,5 miliar langsung Cash, gak pake mikir #murahbanget,” kata Indra Kenz pada postingan di Instagramnya, @indrakenz, pada hari Sabtu, 26 Februari 2022 lalu.  

Diakui oleh Indra Kenz bahwa dia iseng cek Tokopedia karena tidak bisa tidur sampai pukul 03.00 pagi WIB dan membeli mobil Tesla, dengan cash sejumlah Rp 1,5 miliar yang menurut dia  ‘murah banget’.

Video yang pernah viral dan diunggah pada tanggal 10 Januari 2021 tersebut sudah ditonton lebih dari 1 juta penonton.

Membeli Mobil Toyota Supra GR

Kabarnya setelah seminggu membeli Tesla, kemudian Indra Kenz juga membeli mobil Toyota Supra GR yang harganya tembus hingga Rp 2,7 miliar pada 18 Januari 2021.

Selain itu dalam postingannya, Indra Kenz juga bercerita bahwa Supra adalah sepeda motor pertamanya ketika duduk di bangku sekolah, dan itu menjadi alasan mengapa dia membeli mobil Toyota Supra GR.

“Supra adalah motor pertama gua waktu gue masih sekolah. Nah, sekarang setelah 10 tahun akhirnya gua beli Supra lagi, bedanya supranya roda 4 sekarang,” tulis Indra Kenz.

“Thanks ko @_rudysalim pelayanannya mantep banget, hari ini transaksi besok langsung di anterinn ke rumah!! Best dehh #murahbanget,” imbuhnya.

Indra Kenz Membeli Kaus Seharga Rp 300 Juta

Sebelumnya juga Indra Kenz pernah viral karena dirinya membeli sebuah kaus seharga Rp 300 juta, dan menurutnya harganya itu ‘murah banget’. Kejadian itu tentu saja sempat dijadikan bahan roasting komika Kiky Saputri di Konser Raya 27 Tahun Indosiar Luar Biasa pada hari Selasa, 11 Januari 2022.

Banyak yang menilai bahwa kalimat pamungkas Indra Kenz “wow murah banget” mengesankan sombong, bahkan Kiky Saputri pun menyebut selebgram itu sebagai orang sombong.

“Yang bikin sakit hati, belum lama Indra Kenz beli kaus seharga Rp 300 juta, terus dia bilang ‘wow murah banget,’ mata lu so*k. Rp 300 juta itu kaus seharga rumah, mikir kek lu, ya Allah sombong amat jadi orang,” kata Kiky dikutip dari kanal YouTube Indosiar.

Pernah Iseng Lempar Iphone 13 Promax

Indra Kenz juga menunjukan video keisengan lainnya, yang membuat netizen menilai dirinya terlalu kaya sampai membuang-buang Iphone 13 Promax seharga Rp 21 juta.

“Iseng nyoba main lempar tangkep pake #Iphone13Promax malah berakhir pecah :(, Kira” menurut kalian Iphonenya masih bisa nyala gak ya?” tulisnya di postingan Instagramnya pada 27 September 2021.

Tidak sedikit para netizen yang amat menyayangkan hal itu, karena dia dinilai senang menghambur-hamburkan uang. “Ya allah aku yang butuh banget dia seenaknya main lempar,” tulis akun @naditaparasanda.

Pernah Menang Lelang Jam Tangan Rolex Jess No Limit Rp 260 juta

Sebelumnya sempat viral juga ketika Indra Kenz memberikan penawaran tertinggi untuk lelang jam tangan Rolex Yacht Master (Oyster Perpetual) 2018 milik YouTuber Jess No Limit.

Saat itu Indra Kenz menawar dan membeli Rolex Jess No Limit cash seharga Rp 260 juta pada awal 2020. Kemudian Jess pun menyalurkan uang hasil lelang tersebut untuk donasi penanganan Covid-19

Bareskrim Tahan Indra Kenz Aset Akan Disita

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri akan menahanIndra Kenz hari ini. Aset sang afiliator Binomo yang ditetapkan sebagai tersangka penipuan investasi juga tengah ditelusuri dan akan disita.

“Akan dilakukan penyitaan aset terhadap tersangka,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan di Jakarta, pada hari, Jumat 25 Februari 2022.

Sampai saat ini menurut Ramadhan, sudah ada beberapa aset Indra Kenz yang mau disita, namun tidak di rinci apa saja yang akan disita.

Penyitaan aset tersangka dilakukan terkait dengan pemulihan kerugian korban yang mencapai Rp3,8 miliar. Indra Kenz dijerat dengan pasal berlapis salah satunya tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka setelah sebelumnya menjalani pemeriksaan sebagai saksi selama tujuh jam di Bareskrim Polri, pada hari Kamis, 24 Februari pukul 13.30 sampai dengan 20.10 WIB.

“Rencana IK hari ini dilakukan penahanan,” kata Ramadhan.

“Crazy rich” asal Rantau Prapat, Sumut, ini diduga melakukan tindak pidana judi daring dan/atau penyebaran berita bohong melalui media elektronik dan/atau penipuan, perbuatan curang, dan/atau TPPU.

Dalam hal ini, ia dijerat Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 27 ayat (2) dan/atau Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Lalu, ia juga dijerat Pasal 3 dan/atau Pasal 5 dan/atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan TPPU Jo Pasal 378 Jo Pasal 5 KUHP.

“Ancaman hukuman terhadap yang bersangkutan 20 tahun,” kata Ramadhan.

Empat Rekening Indra Kenz Diblokir

Saat ini sang mantan afiliator Binomo, Indra Kenz jadi tersangka dan pengacaranya, Wardaniman Larosa mengatakan, ada empat rekening kliennya yang telah diblokir Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Selain itu dia  juga mengatakan bahwa kliennya telah menghentikan promosi aplikasi Binomo dan edukasi aplikasi investasi di channel YouTube milik Indra Kenz sejak diminta Satgas Waspada Investasi (SWI).

Indra Kenz Tersangka, Polisi Sita Akun Youtube & Bukti Transfer Terkait Kasus Binomo

“Sejak ada saran dari SWI justru beliau (Indra Kenz) menyarankan untuk menghapus dan saudara Indra Kenz telah menghapusnya,” kata Warda seperti yang dilansir oleh Antara.

Untuk mengungkap kasus ini secara transparan, Warda megatakan bahwa Indra Kenz akan bersikap kooperatif serta membantu penyidik untuk mengungkap siapa pemilik platform Binomo.

“Kami kooperatif ya, karena terus terang saudara Indra Kenz tidak mengenal dan tidak tau siapa saja pemilik platform Binomo. Justru dengan ditangkap ataupun diketahui siapa pemilik platform Binomo justru saudara Indra Kenz menguntungkan,” jelas Warda.

Indra Kenz Siap Bantu Ungkap Pemilik Binomo

Seperti kita ketahui bahwa Indra Kenz merupakan influencer (pemengaruh) yang menjadi afiliator aplikasi investasi bodong Binomo. Indra Kenz juga dijuluki warganet sebagai “crazy rich” atau orang kaya yang bergelimang harta dari Sumut, tepatnya Rantau Prapat.

Sempat diakui oleh Indra Kenz bahwa dia keliru saat menyampaikan bahwa aplikasi trading binary option atau perdagangan opsi biner itu legal alias memiliki izin resmi dari badan pengawasan keuangan di Indonesia tahun 2019.

Sementara itu sebelumnya di akun Instagram @lambe_turah, banyak netizen mengomentari kabar penyitaan aset Indra Kenz. Bahkan mereka sempat menyinggung sikap Indra yang dulu sering menyombongkan harta yang dimilikinya di media sosial.

Memang melihat jejak digitalnya, Indra Kenz dulunya sering memamerkan kemewahan di berbagai media sosial miliknya. Ia juga terkenal dengan slogan “Murah Banget” yang diucapkan setiap kali pamer kemewahan.

Bahkan pria yang dulu dijuluki “Crazy Rich Medan” ini juga sempat viral karena menyebut kemiskinan sebagai privilege. Namun kini semua pernyataan Indra dijadikan sindiran oleh netizen di media sosial.

“Miskin itu privilege, terkabul dengan cepat,” sindir netizen. “Miskin dan kaya sama aja koq mas.. sama-sama menikmati privilege.. ya tho,” komentar yang lain. “The Real .. Harta Cuman Sekedar Titipan,” ujar lainnya.

“Previlege kemiskinan katanya terus biar berasa kerja harus mulai dari 0 kan lu makan tuh akwkwk,” sentil netizen. “Nantangin Tuhan buat memiskinkan sihh.. Dah tau sumber rejeki dari Tuhan malah nantangin,” tutup netizen.

Menurut keterangan pihak kepolisian, sejauh ini beberapa aset Indra Kenz yang sudah disita oleh polisi adalah akun YouTube hingga ponsel iPhone13. Pihak polisi akan terus melacak aliran dana terkait aliran dugaan investasi bodong yang dilakukan oleh Indra Kenz.

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.