Sosok
Sosok

Mengenal Penulis Ebook Belajar Bahasa Perancis Secara Mudah dan Cepat

Siapakah dia Penulis itu ? dia adalah Santoli Patrick, dimana sebenarnya pada awalnya dia adalah seorang guru bahasa Inggris di sebuah SD Swasta di Pematangsiantar. Okay, langsung saja yuk, kita wawancara Pak Patrick di kediamannya, selamat mengikuti.
Penulis santoli

Di era serba digital seperti sekarang ini banyak sekali berbagai buku ilmu pengetahuan, novel dan materi seminar dibuat dalam bentuk buku elektronik atau E-book. Mungkin bagi kota besar seperti Jakarta mudah sekali mencari penulis E-book dan bukunya diberbagai platform.

Namun hal itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika profesi penulis buku digital atau E-book ditekuni oleh seorang warga daerah.Tepatnya dari Pematang Siantar, Medan, Sumatera Utara.

Nah, dalam kesempatan ini kita akan mengenal langsung seorang penulis yang sudah sering menulis buku digital tentang pelajaran bahasa Prancis, dimana buku tersebut lengkap dengan percakapannya, bahkan berhadiah kamus saku bahasa Perancis..

Siapakah dia ? dia adalah Santoli Patrick, dimana sebenarnya pada awalnya dia adalah seorang guru bahasa Inggris di sebuah SD Swasta di Pematangsiantar. Okay, langsung saja yuk, kita wawancara Pak Patrick di kediamannya, selamat mengikuti.

Hallo Pak Santoli Patrick ? bisa kisahkan sedikit perjalanan karir Anda ?

Halo selamat siang juga, saya sebenarnya pada awalnya adalah seorang guru Bahasa Inggris di sebuah SD swasta di kota Pematangsiantar. Waktu itu saya mengajar bahasa inggris pagi hari, sedangkan siang hari saya melakukan hobi saya membaca dan dari situ saya juga mulai ingin mempelajari bahasa lainnya, yaitu bahasa Perancis.

Selain itu juga karena pengaruh dari lingkungan tempat saya tinggal, dan karena dulu sering bahkan hobby sekali menonton siaran TV berbahasa Perancis yaitu TV5 asia ditambah lagi karena terinspirasi dari seorang penyanyi Indonesia yang dulunya dikenal sebagai lady rocker Indonesia yaitu Anggun C. Sasmi yang sekarang bermukim di negara Perancis. Ya, salah satunya dari penyanyi itulah yang menjadikan saya menyukai Bahasa Perancis, dan ingin menguasai bahasanya.

Selain terinspirasi oleh sosok seorang Anggun, penyanyi asal Indonesia yang sekarang menetap di Perancis, bagaimana perjuangan Anda supaya bisa bahasa Perancis ?

Waktu itu saya sangat suka sekali dengan bahasa Perancis, dan saya tidak kenal lelah untuk terus belajar bagaimana mengolah kata dan berbicara dengan bahasa Perancis. Karena kecintaan saya akan Bahasa Perancis dan kemauan yang menggebu-gebu untuk belajar Bahasa Perancis.

Sampai pada akhirnya, ya, kurang lebih sekitar puluhan tahun yang lalu saya mencoba untuk mengundang seorang guru Bahasa Perancis tamatan dari Unimed untuk mengajari saya secara privat Bahasa Perancis di rumah.

Di samping itu saya juga membeli beberapa buku tentang cara belajar Bahasa Perancis dan beberapa kamus Bahasa Perancis. Saat itu saya berusaha membagi waktu sedemikian rupa, supaya pekerjaan saya sebagai guru bahasa Inggris tidak terganggu oleh kegiatan saya untuk mempelajari bahasa Perancis melalui guru privat dan beberapa buku yang saya beli tersebut

Tanpa kenal menyerah, saya akhirnya memperoleh cukup banyak ilmu pengetahuan di bidang Bahasa Perancis seperti tata bahasanya, pelafalan dan cara penulisan serta bagaimana aksen-aksen yang ada dalam Bahasa Perancis. Pada akhirnya saya benar-benar bisa menguasai bahasa Perancis bahkan berbicara bahasa Perancis.

Lalu Bagaimana akhirnya Anda bisa membuat buku bahasa Perancis ?

Penulis SAntoli

Berdasarkan pengalaman saya mempelajari bahasa Perancis dengan cara belajar dirumah dan otodidak tanpa mengenal lelah, saya terpikir untuk berbagi pengalaman dengan para remaja, dewasa dan anak-anak sekolah menengah. Saya lalu terpikir untuk mencoba menuliskan pengalaman saya tersebut dalam sebuah buku, agar bisa dibaca semua orang.

Sementara itu menyesuaikan dengan kondisi saat ini, dimana sebagian besar orang hobi menggunakan gadget dimanapun berada, maka saya mencoba untuk menuliskan pengalaman saya tersebut melalui ebook, atau buku digital.

Sampai akhirnya suatu saat penulis merasa perlu untuk menuliskan buku tentang belajar Bahasa Perancis berdasarkan pengalaman belajar Bahasa Perancis dan Point of View dari saya langsung sendiri sehingga muncullah dua buah buku untuk level A1 dan A2 (termasuk ebook juga) hasil karya tulisan saya yang ditulis dalam 3 bahasa yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Perancis dan Bahasa Inggris. Oh ya, sebagai informasi, bahwa Bahasa Inggris dan Bahasa Perancis berasal dari rumpun bahasa yang sama oleh sebab itu bagi saya hal tersebut perlu dan penting untuk sekaligus mempelajarinya.

Selain berprofesi sebagai penulis dan guru bahasa Inggris, apa saja kegiatan Anda saat ini ?

Kegiatan saya sehari-hari memang lumayan padat saat ini, disamping mengajar saya juga bekerja sebagai staf direktur di sebuah sekolah swasta dari pagi hingga siang dan sebagai manajer sebuah kursus Bahasa Inggris dari sore sampai malam. Intinya saya berusaha membagi waktu semaksimal mungkin agar ilmu yang saya miliki bisa bermanfaat untuk masyarakat luas, caranya saat  ini saya masih aktif mengajari Bahasa Perancis untuk khalayak umum dengan cara memposting di akun media sosial dan website sang penulis (www.santolipatrick.online)

Apa saja tahapan proses belajar dan mengajar yang Anda terapkan dalam Kursus bahasa Perancis ini ?

Biasanya tahapan atau proses yang saya terapkan ketika mengajar bahasa Perancis, baik itu di tempat kursus atau melalui ebook learning, adalah mengajarkan Bahasa Perancis dari dasar terlebih dahulu yaitu pengenalan akan kosa kata dalam Bahasa Perancis disertai bagaimana cara melafalkannya dan artinya dalam Bahasa Inggris. Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya cara seperti ini adalah sangat efektif untuk memperkuat dasar-dasar di dalam belajar Bahasa Perancis. Baru setelah itu saya akan mengajarkan cara-cara membuat kalimat-kalimat sederhana dalam Bahasa Perancis agar mudah diingat.

Selain mengajarkan bahasa Inggris dan Perancis, kabarnya Anda juga mulai melakukan kegiatan bisnis online ya ?

Iya, kebetulan bisnis online kan bisa dilakukan kapan saja tanpa kenal waktu, asalkan mau bekerja keras untuk mendapatkan penghasilan sampingan kenapa enggak dilakukan ? caranya saya juga ikut terlibat dalam proses jualannya, promosinya dan lain sebagainya. Sampai akhirnya bisa berkembang.

Kesimpulannya :

Wah, luar biasa sekali ya, perjalanan karir yang sudah diceritakan oleh Santoli Patrick, dari seorang guru bahasa Inggris, kemudian belajar bahasa Perancis, sekarang sudah menjadi penulis bahasa Perancis yang produktif.

Dari kisah perjalanan karir Santoli Patrick ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berjuang dan berusaha, karena ada istilah bahwa kerja keras dan usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Tidak hanya ebook bahasa Perancis yang sudah ditulis oleh Pak Santoli, bahkan beliau juga tanpa kenal lelah masih mencari pekerjaan sampingan yaitu melakukan penjualan untuk barang-barang bekas dan baru, sehingga bisa menghasilkan income hanya dari rumah melalui toko online yang dimiliki.

Semoga saja informasi yang sudah kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua sehingga bisa menjadi motivasi agar bisa terus berkarya dan pantang menyerah dalam mewujudkan apapun keinginan dan cita-cita Anda, semoga pengalaman ini bisa memberikan manfaat bagi Anda dan khususnya kota tercinta kita Pematangsiantar, Medan.

Mari kita berikan sumbangsih yang berguna bagi nusa dan bangsa dan mari kita bangun kota kita tercinta Pematangsiantar..!!

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.