Wellness & Beauty

Pentingnya Skincare untuk Perawatan Kulit Pria

Kulit wajah pria ternyata memerlukan energi dan Skincare. Karena tanpa energi, penampilan yang tampak awet muda secara perlahan akan terus memudar sebelum waktunya dan tanda-tanda penuaan pun mulai tampak. Sedangkan kulit wajah yang sehat tentu merupakan keinginan semua orang yang nantinya dapat mencegah berbagai masalah kulit dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Jadi seperti apa sebenarnya tren skincare untuk pria? Dan apa alasannya pria juga perlu merawat wajah dengan skincare ? Semua terangkum dalam edisi kali ini, para pria boleh menerapkan ini di rumah untuk memperoleh wajah yang sehat.

Siapa bilang perawatan kulit atau skincare (dalam bahasa gaul) hanya bisa digunakan untuk wanita? Ternyata pria juga penting loh menggunakan skincare rutin. Ketika berbicara mengenai perawatan kulit, tentu penting sekali bagi pria untuk menggunakan produk yang didesain khusus guna mengembalikan penampilan yang muda, sehat, dan penuh energi. Jika seorang pria yang ingin selalu tampil segar dan muda, maka perawatan kulit merupakan investasi jangka panjang yang penting. Seperti yang diketahui kulit wajah pria berbeda dengan kulit wajah wanita. Dalam kondisi yang paling kentara yaitu pria memiliki bulu atau rambut yang lebih lebat di daerah wajah, serta produksi minyak pada pria juga lebih besar dibandingkan dengan wanita. Lebih lanjut kita akan bahas dalam artikel ini. Sehingga perlunya perawatan kulit juga bagi pria. Namun uniknya, kulit wajah pria ternyata memerlukan energi. Karena tanpa energi, penampilan yang tampak awet muda secara perlahan akan terus memudar sebelum waktunya dan tanda-tanda penuaan pun mulai tampak. Sedangkan kulit wajah yang sehat tentu merupakan keinginan semua orang yang nantinya dapat mencegah berbagai masalah kulit dan juga meningkatkan rasa percaya diri. Jadi seperti apa sebenarnya tren skincare untuk pria? Dan apa alasannya pria juga perlu merawat wajah? Semua terangkum dalam edisi kali ini, para pria boleh menerapkan ini di rumah untuk memperoleh wajah yang sehat.

Tidak Hanya Wanita – Skincare Untuk Pria juga Penting

Jika dibandingkan kondisi kulit wajah wanita dengan pria, tentu ada perbedaannya. Dimana kabar baiknya, tanda-tanda penuaan pada kulit wajah pria muncul cenderung lebih lambat dibandingkan dengan kulit wajah wanita. Karena lambatnya proses penuaan itu yang membuat pria malas merawat wajah. Terlepas dari kondisi kulit pria tersebut, tidak melakukan perawatan sejak dini dapat mempercepat efek penuaan karena kulit adalah jaringan hidup. Sayangnya ketika tanda-tanda penuaan tersebut mulai muncul, proses penuaan kulit menjadi lebih cepat secara dramatis yang dapat menyebabkan wajah pria tampak lebih lelah. Tentu para pria ingin menghindari penampilan seperti itu. Perbedaan lainnya juga terdapat pada ketebalan kulit, ternyata faktanya kulit pria lebih tebal 25 persen dari kulit wanita. Penelitian juga menunjukan bahwa kulit pria cenderung kurang asam pada skala pH dibandingkan kulit wanita. Sehingga kulit menjadi rentan terhadap efek berbahaya dari polusi udara hingga kebiasaan makan juga pola hidup. Oleh karena itu pria juga perlu merawat wajah dengan skincare.

Skincare untuk pria dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mencegah komedo dan jerawat, serta membuat kulit tampak lebih segar. Rutinitas skincare bagi pria tidak serumit perawatan wajah pada wanita. Skincare untuk pria justru lebih sederhana dan mudah dilakukan. Skincare pada pria penting dilakukan untuk mencegah penyumbatan pori-pori dan mencegah munculnya kulit keriput serta kerutan dengan menggunakan produk pelindung sinar UV yang dapat membantu anti penuaan. Nyatanya, produk-produk skincare untuk pria memiliki dampak yang baik untuk melindungi kulit, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengandung bahan aktif, vitamin juga asam lemak yang dapat menyehatkan kulit.

Penggunaan Skincare Untuk Pria

Para pria sangat perlu untuk mengetahui ini, perawatan kulit pria tidak selalu harus berhubungan dengan produk skincare karena kebutuhannya pun bervariasi. Namun skincare untuk pria caranya sangatlah gampang. Berikut langkah sederhana skincare untuk pria :

LANGKAH 1: PEMBERSIH WAJAH

Kulit pada pria umumnya terpapar kotoran dan polutan sepanjang hari dalam beraktivitas. Oleh sebab itu, pentingnya untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah tidur. Kulit yang tidak dibersihkan dapat membuat kotoran menjadi berkembang dan menyebabkan munculnya masalah pada kulit, salah satu contohnya seperti jerawat. Adapun solusi yang tepat untuk terhindar dari masalah kulit tersebut yaitu rutin membersihkan wajah dengan cara mencuci muka menggunakan pembersih atau facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Karena facial wash dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan kotoran sehingga kulit tampak bersih dan terasa segar. Tentu dengan memilih pembersih wajah yang tepat agar dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih.

LANGKAH 2: PENGGUNAAN PELEMBAP

Produk pelembap sangat dibutuhkan untuk kulit. Pelembap wajah penting untuk menjaga hidrasi kulit, baik wanita maupun pria. Pelembab dapat mempertahankan kadar air pada lapisan kulit yang lebih dalam (dermis) pada wajah sehingga terhindar dari kulit kering dan kusam, sekaligus mengurangi kerutan di wajah. Pelembab juga dapat membantu mengurangi berbagai tanda-tanda penuaan dan juga menjaga kulit tampak terhidrasi sepanjang hari. Selain itu, pelembab juga perlu untuk mencegah sebum berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Adapun jenis pelembab yang akan digunakan tergantung dengan kondisi kulit pria pada saat itu. Jika kulit kering, pengguna skincare untuk pria cenderung harus memilih pelembap dalam bentuk krim. Lalu untuk tipe kulit yang normal, lebih cocok menggunakan pelembab yang berbentuk losion. Sedangkan yang memiliki kondisi kulit yang berminyak dianjurkan untuk memakai pelembab yang berbahan dasar air. Namun, kalian juga perlu berhati-hati dalam memilih dan menggunakan pelembab atau pun segala produk skincare untuk pria karena ada bahan yang dapat membuat alergi pada kulit. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan sedikit pelembab terlebih dahulu yang dioleskan di area tangan dan biarkan semalaman untuk melihat hasilnya apakah terdapat gejala alergi atau tidak. Jika aman, maka dianjurkan untuk pemakaian produk tersebut secara rutin. Solusi wajah yang bermasalah tentu tidak hanya dengan menggunakan pelembap, pastikan pula untuk menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk mesehatan kulit dan minum air yang cukup untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan sehat.

LANGKAH 3: PENGGUNAAN SUNSCREEN

Melindungi kulit dari sinar matahari adalah hal yang wajib dilakukan demi kesehatan. Bukan karena takut hitam, melainkan sinar ultraviolet (UV) akan mempercepat terjadinya penuaan pada kulit, misalnya keriput, kulit kering dan dapat merusak kulit. Sinar UV juga ternyata dapat menembus kain baju dan bahkan jendela, sehingga menggunakan baju lengan panjang saja tidak cukup untuk menjadi solusi. Perlu adanya penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak, terutama saat beraktivitas di bawah terik matahari. Terlebih pada pria yang lebih cenderung beraktivitas di luar ruangan sehingga dapat terpapar secara langsung sinar matahari atau UV. Adapun hal yang perlu dilakukan untuk menghindari efek paparan sinar matahari tentu dengan menghindari panas-panasan apalagi di jam 10 hingga 4 sore. Kalau pun perlu berada di luar ruangan di jam tersebut, gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau bisa juga lebih dari itu. Bahkan dalam cuaca mendung juga harus tetap menggunakan sunscreen sebagai pelembap untuk perawatan kulit pria.

LANGKAH 4: Perawatan rambut wajah

Merawat kulit wajah tidak hanya dalam penggunaan skincare untuk pria, ternyata penting juga untuk membersihkan area kulit wajah yang berambut seperti kumis dan janggut. Bersihkan area tersebut dengan baik. Sebelum mencukur, gunakan air hangat agar dapat membantu untuk mengurangi bintik merah akibat iritasi saat mencukur, tidak hanya itu membasuh wajah dengan air hangat juga mampu membuat kulit menjadi lembap guna mempermudah dalam bercukur. Setelah cukuran pun juga baik untuk membasuh wajah dengan air hangat. Namun untuk mencukur gunakan alat bantu antiseptik untuk menenangkan kulit dan juga minyak untuk jenggot, serta dapat menggunakan krim cukur untuk hasil yang lebih baik. Para pria juga perlu hati-hati dengan pisau cukur yang digunakan, perhatikan cara mencukur dengan aman dan baik lalu pastikan untuk mencukur rambut sesuai arah bulu rambut yang tumbuh, bukan kearah sebaliknya untuk mengurangi rasa sakit.

Rupanya menggosok kulit wajah berlebihan dengan handuk juga tidak baik untuk kesehatan kulit. Biasanya para pria mengeringkan wajah setelah mencuci muka dengan menggunakan handuk bukan dengan cara ditepuk-tepuk melainkan menggosoknya hingga kering, ini tentu dapat memicu iritasi pada kulit. Adapun hal lain yang menjadi ciri khas pada pria yaitu kebiasaan merokok. Hal ini ternyata berdampak lebih pada proses penuaan kulit. Karena saat kulit terluka, penyembuhannya jadi lebih lama bagi pengguna rokok aktif. Begitu pun jika para pria mengidap beberapa penyakit kulit dengan merokok dapat membuatnya makin parah.

Ciptakan Kulit Bersih dan Sehat

Padahal selama ini masalah kulit yang banyak dikeluhkan pria adalah jerawat, radang dan iritasi. Sehingga penggunaan skincare untuk pria yang paling penting adalah hanya sebatas menggunakan sunscreen, pembersih wajah, dan pelembab. Namun pilihlah produk perawatan kulit wajah yang tepat dan cocok dengan jenis kulit kalian. Perawatan kulit tidak harus rumit, tetapi kamu harus memilih produk yang tepat agar rutinitas menjadi lebih efektif. Seperti mencuci muka dengan menggunakan produk yang khusus untuk membersihkan wajah dan juga melembabkan agar terciptanya kesehatan kulit yang optimal. Para pria perlu membersihkan kulit wajah sebaik mungkin dan memberinya nutrisi yang dibutuhkannya. Juga perlu memberi wajah kelembaban ekstra agar tidak mengering bisa dilakukan sekali dalam sehari. Perlu juga adanya penyesuaian dalam membersihkan wajah dan pemberian skincare untuk pria yang harus disesuaikan dengan aktivitas. Misalnya jika seharian beraktivitas sangat padat maka perlu membersihkan wajah tiga kali sehari. Mudah bukan skincare untuk pria ini. Selamat mencoba dan tetap rutin menjaga kesehatan kulit terutama pada wajah yang akan menjadi investasi yang penting untuk kedepannya.

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.