News & Bisnis

Presiden Jokowi Kemah di IKN, Sampai lakukan Ritual Kendi

Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah tiba di titik nol kilometer Ibu Kota Nusantara (IKN) Provinsi Kalimantan Timur, pada hari Senin, 14 Maret 2022.
presiden

Tampak dalam kegiatan kemah di titik Nol IKN Nusantara, Presiden Jokowi juga mengundang seluruh gubernur di Indonesia. Namun ternyata tidak semua gubernur akan ikut kemah bersama Jokowi.

Para gubernur berkumpul di titik nol IKN untuk menghadiri sejumlah acara, salah satunya ritual Kendi Nusantara. Kendi tersebut adalah wadah penyimpanan seluruh air dan tanah yang telah dibawa oleh para gubernur dari daerahnya masing-masing.

Terlihat dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi bersama 34 gubernur kini tengah melakukan ritual khusus bernama Ritual Kendi Nusantara di titik nol lokasi IKN.

Berdasarkan pemantauan media melalui live streaming, para gubernur saling silih berganti datang membawa tanah dan air untuk dimasukkan ke dalam sebuah gentong.

Prosesi Ritual Kendi Nusantara Mengandung Filosofis Tentang Asal Muasal Leluhur

presiden

Hari ini mulai diadakan ritual Kendi yang menurut Presiden Jokowi, prosesi Ritual Kendi Nusantara sendiri mengandung makna filosofis agar selalu mengingat asal muasal nenek moyang dan mempertahankan kearifan leluhur yang sudah ada.

Seperti diketahui para gubernur sendiri sebelumnya memang diwajibkan untuk menggunakan pakaian adat masing-masing daerah. Namun berdasarkan pemantauan, mereka terlihat hanya memakai pakaian dinas.

Selain itu dari semua gubernur yang diundang, ternyata tidak semua gubernur tersebut hadir. Ada beberapa daerah yang hanya diwakili oleh para wakil gubernur, misalnya seperti Gubernur Banten.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa para gubernur memang sebelumnya diinstruksikan untuk membawa tanah dan air dari wilayah mereka masing-masing.

“Nanti para gubernur akan menyerahkan kepada bapak Presiden dan bapak Presiden akan menuangkan di gentong yang sudah kami siapkan menjadi satu dari 34 provinsi,” kata Heru dalam keterangan resmi.

Presiden Jokowi Kemah di IKN dalam Tenda Sederhana

Presiden

Sebelumnya beredar beberapa foto yang diabadikan fotografer pribadi Presiden Jokowi, tampak Jokowi telah mendirikan tenda berwarna putih yang dibangun di bawah pepohonan tinggi hutan Kalimantan.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan bahwa Jokowi akan tidur di tenda tersebut malam ini. Jokowi sendiri dipastikan akan ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi.

“Ini sudah di lokasi titik untuk menginap, bersama Ibu Negara,” kata Heru saat dikonfirmasi.

“Ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya. Dan Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain. Tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” kata Kasetpres Heru Budi Hartono dalam konferensi pers virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Setpres, pada hari Minggu, 13 Maret 2022.  

Heru Budi menuturkan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso dan Kapolda Kaltim Irjen Imam Sugianto juga akan berkemah di lokasi yang sama. Selain itu, Gubernur Kaltim Isran Noor dan beberapa tokoh masyarakat juga akan berkemah bersama Jokowi.

“Tentunya menginap di lokasi IKN bersama unsur masyarakat. Ada beberapa tokoh yang diundang dan Gubernur Kaltim, dan tidak lupa Pak Pangdam, Pak Kapolda juga akan mendampingi beliau (Jokowi),” ucap Heru Budi.

Selain itu Heru Budi menjelaskan untuk keamanan di lokasi Presiden Jokowi kemah adalah tanggung jawab Pangdam Mulawarman dan Kapolda Kaltim. Sedangkan untuk keamanan khusus Presiden berada di tangan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

“Nanti Pak Pangdam, Pak Kapolda menjelaskan, dan juga dari sisi keamanan yang lain nanti Komandan Paspampres yang bisa menjelaskan,” sebut Heru Budi.

Lantas, apa saja isi tenda Jokowi?

Dalam foto tersebut, terlihat ada buah, air minum, dan sejumlah kelapa muda yang siap untuk dinikmati. Namun, tidak diketahui secara pasti apalagi isi tenda Jokowi.

“Makanan biasa saja, kue dan buah. Nggak ada [makanan khusus]. Paling Mie Instan,” kata Heru mengkonfirmasi.

Heru mengatakan tenda Jokowi sendiri tidak dilengkapi dengan alat pendingin. “Menginap di tenda. Isi tenda hanya kasur saja. Nggak ada AC.” Katanya.

Beragam Komentar Netizen Ketika Presiden Jokowi Berkemah di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah momen berkemahnya di ibukota negara baru (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Pada foto yang diunggah Jokowi di akun Instagram resmi @jokowi hari ini, pada hari Senin 14 Maret 2022, dia memperlihatkan situasi tempatnya berkemah.

Tampak Presiden Jokowi menggunakan tenda besar berwarna putih gading.

Selain itu terlihat di dalam tenda itu ada banyak macam buah, air mineral dan makanan lainnya.

Sementara itu dalam foto terlihat Jokowi pun tengah duduk di halaman luar tenda dengan kursi lipat.

Meski ada dua kursi, Jokowi hanya duduk sendiri sambil menatap ke samping kiri kanan dari arah tendanya.

Seperti biasa orang nomor satu di Indonesia ini pun mengenakan kemeja putihnya saat melakukan kemah tersebut.

“Sehari di titik nol kilometer Ibu Kota Negara Nusantara,” tulis Jokowi.

Pohon-pohon disekitar kemah Jokowi tampak tinggi mengelilingi belakang tenda Jokowi.

Tentu saja, Netizen yang melihat foto tersebut, langsung menyerbu dengan beragam komentar.

“Pak mau ikut camping dong, saya pusing banyak tugas makalah,” kata akun netizen @jalee.nr.

“Besok akan terbangun gedung-gedung tinggi pak, sekarang tenda dulu,” ujar @frinsenjohny.

“Mantap pak,” @turan07.

Dibalik komentar netizen yang antusias melihat postingan Presiden Jokowi di depan tenda, namun euforia kedatangan rombongan Presiden Jokowi dan 34 gubernur se-Indonesia itu pun sebelumnya justru disambut masyarakat Samarinda dengan spanduk protes di salah satu ruas jalan. Protes warga Kota Peradaban tak lain soal minyak goreng yang langka.

Namun meskipun begitu acara ritual dan kemah Presiden Jokowi berjalan lancar, dan hingga saat ini, unggahan Jokowi tersebut telah mendapat 277 komentar dan disukai 385 ribu warganet. Bravo Pak Jokowi !!.

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.