News & Bisnis

Selamat ! Susanti Dewayani Dilantik Sebagai Wakil Wali Kota Siantar

Akhirnya setelah melalui proses yang panjang, hari ini digelar pelantikan Wakil Wali Kota Pematang Siantar terpilih, Susanti Dewayani, pada hari Selasa, 22 Februari 2022. Pelatikan bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin, berlokasi di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Jalan Sudirman, Kota Medan, Sumatera Utara.

Sebelumnya pada hari Senin, 21 Februari 2022, telah dilantik Budi Utari Siregar menjadi Sekda Kota Siantar. Dimana Budi Utari Siregar dilantik untuk kedua kalinya sebagai Sekda Kota Siantar. Karena sempat diberhentikan pada tahun 2020.

Namun pemberhentian tersebut dianggap melanggar disiplin, dan Budi Utari Siregar tak tinggal diam, dia kemudian mengadu ke KASN dan menggugat ke PTUN.

Gugata Budi Utari Siregar dikabulkan oleh PTUN. Kemudian Walikota Hefriansyah melantik Budi sebagai Sekda Kota Pematangsiantar.

Kini pelantikan Susanti Dewayani sebagai Wakil Walikota Terpilih hasil pemilu ini akan digelar bertepatan dengan akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Siantar, Hefriansyah Noor – Tigor Sitorus.

Tidak Ada Plh, Kabiro Otda Sumut Sebut Susanti Dewayani Dilantik 22 Februari 2022

Acara pelantikan Pasangan Calon (Paslon) Terpilih Hasil Pilkada Kota Pematangsiantar 2020,  Asner Silalahi – dr Susanti Dewayani digelar pada hari ini,  22 Februari 2022. Pelantikannya bersamaan dengan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Hefriansyah – Togar Sitorus yang dipastikan oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sumatera Utara, Zubaidi.

“Pelantikannya 22 Februari 2022,” ujar Zubaidi, Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kota Pematangsiantar ketika dikonfirmasi via WA mengenai waktu pelaksanaan pelantikan Paslon Terpilih Hasil Pilkada tahun 2020, pada hari Kamis, 17 Februari 2022. 

Namun berkaitan dengan informasi terkait jabatan Wali Kota Pematangsiantar yang akan dijabat oleh Pelaksana Harian (Plh), Zubaidi memastikan bahwa apabila pelantikan dilaksanakan tanggal 22 Februari maka Plh tidak ada. “Jadi kalau pelantikannya pada 22 Februari 2022, tidak ada Plh lagi,” tutupnya.

Jadi pasca ditetapkan KPU sebagai Paslon Terpilih Hasil Pilkada 2020, Wali Kota terpilih yaitu Asner Silalahi telah meninggal dunia maka selanjutnya yang akan dilantik oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi adalah hanya dr Susanti Dewayani menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

Pelantikan Wakil Walikota Susanti Dewayani dilakukan Secara Luring, Wali Kota Hefriansyah Ucapkan Selamat

Hari ini Selasa, 22 Februari 2022 adalah tepat berakhirnya masa jabatan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar, H Hefriansyah dan Togar Sitorus. Pada apel terakhir itu, Hefriansyah menyinggung pelantikan dr Susanti Dewayani menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar, pada hari Selasa, 22 Februari 2022 siang.

“Pada tanggal 22 Februari 2022, saya akan mengakhiri periode kepemimpinan bersama abanganda Togar Sitorus. Dan pada saat itu pula, siang harinya, dokter Susanti Dewayani akan dilantik menjadi Wakil Wali Kota Pematangsiantar,” tuturnya.

“Saya yakin dan percaya, beliau pasti mampu membawa Kota Pematangsiantar ke arah yang lebih baik lagi, sesuai dengan visi dan misi yang diemban beliau,” sambung Hefriansyah, kemudian mengajak seluruh hadirin untuk mendukung dr Susanti dalam menjalankan tugasnya.

“Saya mengajak kita semua untuk mendukung beliau dalam pelaksanaan tugasnya sebagaimana rekan-rekan sekalian pernah bekerja sama dengan kami,” ujar Hefriansyah yang mengakhiri amanatnya dengan pantun yang sontak mengundang tepuk tangan hadirin.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19, Ahmad Rasyid memastikan pelantikan bahwa tersebut akan digelar secara langsung (luring) oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

“Iya (secara langsung) nanti sore kita akan melakukan gladiresik untuk persiapan besok,” ucapnya.

Setelah pelantikan, Rasyid menerangkan bahwa pihaknya akan langsung mengirimi surat ke DPRD Kota Pematang Siantar untuk melakukan Rapat Paripurna Pengusulan pelantikan Susanti Dewayani sebagai Wali Kota Pematang Siantar definitif.

“Setelah pelantikan Gubernur akan menunjuk wakil wali kota sebagai Plt, itu sesuai amanat Undang-undang. Kemudian kita akan menyurati DPRD untuk melaksanakan paripurna pengusulan, untuk mengusulkan pendefinitifan Wakil Wali Kota menjadi Wali Kota,” ungkapnya.

“Jadi bergantung prosesnya di Kemendagri, tapi kalau prosesnya di DPRD Pematang Siantar, setelah pelantikan kita akan terus surati langsung. Selambat-lambatnya di Undang-undang itu DPRD harus melakukan paripurna pengusulan selambat-lambatnya satu bulan setelah pelantikan,” ucapnya.

Setelah sellesai menjabat sebagai Wakil Walikota definitif,  Susanti akan menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pematang Siantar.

“Dia masih Plt, melaksanakan tugas saja. Kekosongan jabatan kepala daerah, wakil wali kota atau wakil kepala daerah melaksanakan tanggung jawab sebagai kepala daerah,” katanya.

Selanjutnya untuk pengisian jabatan Wakil Wali Kota Pematang Siantar usai Susanti Dewayani dilantik sebagai wali kota definitif, akan dilanjutkan proses pemilihannya di DPRD.

“Kalau sudah keluar SK pengangkatannya sebagai wali kota definitif, ya kita lantik kembali dia sebagai wali kota, kemudian dilanjutkan proses pemilihan wakil wali kota lagi,”

“Tapi pemilihan melalui proses DPRD bukan pemilihan Pilkada lagi, tapi proses pemilihan wakil di DPR sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 tahun 2016,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada hari Selasa, 15 Februari 2022 lalu,  Gubernur Edy Rahmayadi menyatakan bahwa pelantikan Wakil Wali Kota Siantar, Susanti Dewayani bakal digelar pada hari Selasa, 22 Februaari 2022. 

“Tanggal 22 Februari,” sebut Edy, pada hari Senin kemarin.

Wakil Walikota Siantar Terpilih Susanti Dewayani Dilantik Pukul 9, Undangan Terbatas

dr. Susanti Dewayani, Sp.A. (lahir 28 Juni 1963) adalah seorang dokter spesialis anak yang adalah Wali Kota Pematangsiantar terpilih periode 2021-2024.

Susanti Dewayani mencalonkan diri dan menang sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar berpasangan dengan Calon Wali Kota Asner Silalahi pada Pilkada pematang Siantar 2020. Sebelum di lantik, calon Wali Kota Asner Silalahi meninggal dunia.

Sebelum dilantik Wakil Wali Kota Pematangsiantar terpilih, Susanti Dewayani, mengikuti gladi bersih pelantikan di Aula Tengku Rizal Nurdin, pada hari Senin, 21 Februari 2022.

Susanti Dewayani, akan diambil sumpah dan dilantik sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar, pukul 09.00 WIB di Aula Tengku Rizal Nurdin, Aula Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan, pada hari Selasa, 22 Februari 2022.

Gubernur Edy Rahmayadi atas nama Presiden RI, Joko Widodo, yang akan melantik Susanti Dewayani, pengganti Wali Kota Hefriansyah Noor dan Wakil Wali Kota, Tigor Sitorus itu.

“Pak Gubernur Edy yang melantik besok pukul 9 di Aula Tengku Rizal Nurdin,” ujar Achmad Rasyid Ritonga dari Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut.

Rasyid Ritonga mengatakan pelantikan berlangsung mengikuti protokol kesehatan. Karena itu terbatas orang yang bisa masuk ke dalam ruang pelantikan.

“Selain wakil wali kota dan suami, undangan terbatas. Hanya Forkopimda Pematangsiantar dan beberapa pejabat teras dari Pemprov Sumut saja,” sambung Rasyid.

Sementara itu di Aula Tengku Rizal Nurdin, pada hari Senin, 21 Februari 2022 sore, dilangsungkan gladi bersih pelantikan yang dipimpin Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setaprov Sumut, Zubaidi.

Adapun Susanti Dewayani yang hadir langsung pada gladi bersih itu, dituntun Bagian Protokol antara lain tentang posisi berdiri, sikap dan cara melangkah hingga kata-kata yang akan diucapkan saat pelantikan.

Susanti Dewayani tampak bersemangat. Dia tidak banyak berbicara. Namun dia menegaskan jika dirinya siap melangkah untuk mengikuti pelantikannya pada Selasa, 22 Februari 2022.

Pelantikan Wakil Walikota Siantar Bisa Disaksikan Melalui Command Center di Balai Kota Siantar 

Bagi masyarakat Kota Pematangsiantar yang tidak bisa hadir pada Pelantikan Wakil Walikota Pematangsiantar di Aula Tengku Rizal Nurdin Kantor Gubernut Sumut, bisa menyaksikan melalui Command Center yang dibuat di Balai Kota Kanto Walikota Siantar, Selasa 22 Februari 2022.

Susanti Dewayani dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, namun undangan dalam pelantikan itu dibuat terbatas karena untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Menurut keterangan Plt Kadis Kominfo Siantar Pardamean Manurung, pelantikan Wakil Walikota dilaksanakan dengan kehadiran tamu undangan yang sangat terbatas berhubungan Kota Pematangsiantar saat ini sudah pada PPKM Level 4, sehingga diharapkan jangan sampai mengundang keramaian agar penyebaran Covid-19 dapat di tekan

“Jadi untuk Warga Pematangsiantar yang tidak dapat undangan pelantikan ibu Wakil Walikota dapat menyaksikan melalui Command Center Kota Pematangsiantar di Kantor Sekretariat Pemko Pematangsiantar,” kata Pardamean.

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.