Wellness & Beauty

Tips Tetap Sehat, Cantik dan Awet Muda

Pasti Anda pernah penasaran kenapa ada orang yang bisa terlihat cantik, sehat dan awet muda, sementara beberapa orang lain terlihat jauh lebih tua daripada umurnya? Yuk Baca penjelasannya pada artikel dibawah ini
Tips Tetap Sehat, Cantik dan Awet Muda

Memang terlihat lebih muda dari usia yang sebenarnya adalah impian semua orang; sehingga tidak mengherankan jika banyak orang terutama kaum wanita berupaya keras untuk mendapatkan kulit yang segar, sehat, cantik, dan awet muda.

Bahkan banyak sekali yang rela melakukan perawatan di salon kecantikan mahal dan terkenal demi mendapatkan kulit yang sehat dan terawat.

Meskipun kita dilahirkan dengan gen tertentu, cara hidup kita ternyata dapat memengaruhi kondisi gen ini, guys. Dengan kata lain, proses penuaan sel ini bisa dipercepat, diperlambat, maupun dikembalikan lagi ke kondisi sebelumnya, tergantung bagaimana cara hidup kita.

Untuk membahasnya lebih lengkap, berikut ini kami tampilkan tips-tips awet muda yang direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dan kecantikan seperti dilansir dari Healthline.

14 Tips Pola Hidup Sehat Agar Cantik dan Awet Muda

Untuk mendapatkan kulit cantik dan awet muda, ada beberapa tips awet muda yang bisa Anda terapkan dalam kebiasaan sehari-hari, untuk mendapatkan efek jangka panjang, diantaranya adalah:

1.   Jangan Lupakan Cleansing

Tips cantik dan awet muda yang pertama adalah dari Michelle Wong, doktor pengobatan berbahan sintetis dan pakar kecantikan berbasis sains yang menyebutkan bahwa cleansing adalah sebagai langkah penting dalam menjaga kulit agar senantiasa cantik dan awet muda.

Cleansing ini penting untuk membersihkan sisa produk kecantikan, makeup, polutan, dan minyak berlebih dari pori-pori. Karena jika dibiarkan,maka  penumpukan residu ini akan menyebabkan penyumbatan. Sehingga produk anti-aging yang Anda gunakan pun tak akan bekerja secara efektif, karena tidak bisa menembus lapisan kulit.

2. Eksfoliasi Secara Teratur

Uisa yang semakin bertambah, maka akan mengalami proses peremajaan kulit yang semakin lambat. Untuk itu kulit Anda memerlukan eksfoliasi. Rangsang kulit untuk memperbarui diri dengan scrub. Dengan demikian kulit terhindar dari flek, warna kulit tidak merata, dan kekusaman.

Ada dua jenis eksfoliator, yaitu fisik seperti gula, kopi, dan loofah serta eksfoliator kimia seperti enzim pepaya, enzim nanas, dan AHA. Jenis eksfoliator fisik yang paling cocok untuk kulit matang adalah spons lembut atau washcloth. Sementara eksfoliator kimia yang direkomendasikan adalah alpha-hydroxy acids (AHA) seperti glycolic acid dan lactic acid.

3. Biasakan Memakai Serum dengan Cara ditepuk-tepuk

Saat Anda menggunakan serum wajah biasakan cara mengaplikasikannya dengan cara ditepuk-tepuk. Jangan diusap, karena gerakan ini justru rawan, akan membuat kulit lebih cepat keriput. Selain itu, aplikasi serum dengan cara ditepuk-tepuk akan membantu produk terserap lebih baik.

4. Rutin Menggunakan Vitamin A dan C

Saat menggunakan paket perawatan kecantikan, bahan aktif yang perlu Anda cari di dalam produk anti-aging adalah turunan vitamin A yang disebut retinoid (retinol, tretinoin, dan tazarotene). Selain itu Vitamin C (L-ascorbic acid dan magnesium ascorbyl phosphate) juga bermanfaat untuk kulit matang. Sementara itu vitamin A bertindak sebagai antioksidan pelindung kulit dari stres oksidatif. Sementara vitamin C akan merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.

5. Jangan Lupakan Tabir Surya

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik. Namun sinar ultra violetnya bisa membuat kulit jadi ternoda flek, kusam, dan cepat menua. Sinar ultra violet akan memecah kolagen dan menyebabkan abnormalitas pada lapisan elastin. Akibatnya kulit jadi menipis dan berkerut.

Agar kulit senantiasa tampak remaja, tips awet muda yang tak boleh Anda lupakan adalah memakai tabir surya setiap hari. Gunakan tabir surya dengan perlindungan minimal SPF 20 dan pastikan untuk aplikasi ulang setiap dua jam jika Anda beraktivitas di luar ruangan.

6. Olahraga Secara Teratur

Aktivitas fisik bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu juga bermanfaat untuk mempertahankan mobilitas lebih lama, memperbaiki kualitas tidur, menjauhkan stres, dan menjadikan kulit serta tulang awet muda.

The Department of Health & Human Services menyarankan olahraga dengan intensitas sedang selama 2,5 jam sampai 5 jam seminggu, 1 sampai 2,5 jam olahraga aerobik intensitas tinggi, atau kombinasi keduanya. Jenis olahraga aerobik yang bisa Anda coba antara lain jalan kaki, berenang, sepeda, jogging, berdansa, dan bersepeda.

7. Terapkan Pola Makan Sehat

Tips awet muda selanjutnya adalah memperhatikan pola makan. Konsumsi makanan sehat merupakan kunci menuju organ-organ tubuh yang awet muda.

The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan konsumsi buah, sayur, protein rendah lemak, karbohidrat kompleks, tiga porsi produk olahan susu rendah lemak, dan lemak sehat setiap hari. Konsumsi garam juga sebaiknya dibatasi demi kestabilan tekanan darah.

8. Tidur Cukup dan Berkualitas

Tidur yang cukup dan berkualitas terbukti mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stres, obesitas, dan inflamasi. Jika kita kurang tidur, stres meningkat, sulit konsentrasi, dan kulit pun jadi terlihat kusam.

Sebaliknya, tidur berlebihan juga bisa meningkatkan potensi kegemukan dan risiko penyakit. Jadi pastikan Anda tidur dalam waktu yang sesuai kebutuhan umur dan aktivitas sehari-hari.

9. Rutin Minum Air Putih

Tips cantik dan awet muda selanjutnya adalah  rajin minum air putih. Tidak hanya kulit yang perlu hidrasi. Kebutuhan cairan tubuh juga harus dipenuhi agar fungsi otak optimal dan energi terjaga. Selain itu, minum air putih dalam jumlah memadai juga bisa menjadikan kulit lebih sehat serta awet muda.

10. Hindari Rokok

Jika Anda tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka, jangan merokok! Merokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit Anda. Nikotin yang terkandung dalam rokok menyembabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit Anda. Hal tersebut akan mengganggu aliran darah ke kulit, sehingga hanya sedikit aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit Anda tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi penting yang cukup.

11. Rutin Mengkonsumsi Makanan Antioksidan

Antioksidan merupakan molekul yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit. Kolagen merupakan bagian penting dari struktur dan proses peremajaan kulit. Sehingga salah satu cara untuk tetap awet muda adalah dengan perbanyak konsumsi antioksidan, seperti buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, minyak nabati, ikan, dan lain-lain.

12. Perbanyak protein

Selain antioksidan, konsumsi protein juga dapat membantu tubuh Anda membangun dan mempertahankan massa otot. Makanan yang mengandung protein tinggi bermanfaat untuk menghasilkan kolagen pada kulit tubuh. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah salmon, telur, tahu, dan lain-lain.

13. Hindari Permusuhan

Saat Anda memusuhi seseorang, diri Anda akan dipenuhi dengan kemarahan yang besar dan pikiran yang penuh dengan kecurigaan atau ketidakpercayaan pada orang lain. Hal ini akan berakibat pada pendeknya umur telomeres. Dengan kata lain, sel-sel tubuh Anda lebih cepat menua saat pikiran Anda penuh dengan permusuhan dan kebencian.

14. Hindari Rasa Pesimis 

Penelitian ini membuktikan bahwa orang-orang yang memiliki rasa pesimis yang tinggi, juga memiliki umur telomeres atau gen awet muda yang lebih pendek. Bahkan, pada orang yang memiliki masalah kesehatan yang serius, seperti jantung atau kanker, pikiran pesimistis justru memperburuk kondisinya hingga mempercepat kematian. Wah!

Kesimpulannya

Para pakar kesehatan dan kecantikan cenderung berpendapat kalau awet muda adalah ‘efek samping’ dari komitmen untuk merawat tubuh dan pikiran. Karena itulah merawat kecantikan agar selalu awet muda merupakan komitmen yang tidak akan menunjukkan hasil signifikan jika tidak dilakukan dengan disiplin selama bertahun-tahun.

Selain dengan perawatan kecantikan, dari sebuah penelitian Ilmuwan pemenang hadiah Nobel, Elizabeth Blackburn dan psikolog, Elissa Epel, menjelaskan bahwa untuk mendapatkan kulit sehat dan awet muda juga perlu pola pikir yang sehat dan positif.

Sehingga akan memicu pertumbuhan Telomeres dari tubuh, yaitu bagian penting dari DNA manusia yang memengaruhi hidup dan kesehatan kita. Telomeres akan menentukan cepat atau lambatnya proses penuaan sebuah sel.

Lebih spesifik lagi, para peneliti menemukan bahwa pola pikir tertentu dapat membuat si telomeres ini menjadi tidak sehat,sehingga memicu stress dan pola pikir yang negatif.. 

Jadi kalau Anda ingin bahagia, sehat dan awet muda, hiduplah di saat ini, artinya, jalani apa yang tengah terjadi dalam hidup Anda dengan rasa syukur penuh dengan kesadaran dan libatkan diri Anda dalam prosesnya. Selain itu selalu terapkan pola hidup, olah raga dan kembangkan pikiran yang positif. Selamat mencoba.

What's your reaction?

Leave A Reply

Your email address will not be published.